27 Februari 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Transformasi LSM GMBI Dalam Rangka Bela Negara : LSM GMBI se-Sulawesi Siap Bersinergi, Berkolaborasi, dan Turut Serta Berperan Aktif Dalam Pesta Demokrasi Mewujudkan Pemilu Damai 2024

INDOTIMPOST.COM | Makassar – Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) LSM GMBI se Sulawesi digelar di Aula Mina Asrama Haji Sudiang pada Sabtu (9/9/2023). Mengangkat tema “Transformasi LSM GMBI Dalam Rangka Bela Negara : LSM GMBI se-Sulawesi Siap Bersinergi, Berkolaborasi, dan Turut Serta Berperan Aktif Dalam Pesta Demokrasi Mewujudkan Pemilu Damai 2024”, giat raker dihadiri ratusan peserta aktivis GMBI yang merupakan para pengurus LSM GMBI yang datang dari beberapa kabupaten dan kota yang ada di Sulsel.

Selain dari Sulawesi Selatan (Sulsel)  Rakerwil ini juga dihadiri oleh pimpinan serta pengurus LSM GMBI wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

kegiatan ini juga dihadiri sejumlah pejabat utama forkopimda Sulsel diantaranya Pangdam XIV Hasanuddin diwakili Asisten Kasdam Kolonel Inf Enjang, S.I.P., Kepala Kesbangpol Sulsel,serta perwakilan dari Polda Sulsel.
Turut juga hadir  perwakilan dari instansi  pemerintah kota Makassar, dan sejumlah tokoh masyarakat serta pimpinan ormas dan LSM yang ada di Sulsel.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Panglima LSM GMBI Yudi Tahyudin dan sekaligus menyampaikan pidato transformasi LSM GMBI didepan para peserta dan tamu undangan yang hadir.

“Era transformasi LSM GMBI pada rakernas GMBI ke 21, beberapa konsensus telah dihasilkan diantaranya menetapkan komite penyelenggara organisasi, kedua menetapkan lembaga penelitian pengembangan dan assessment center LSM GMBI sebagai pelaksana direktorat SDM DPP LSM GMBI ex officio KPO yang ketiga menetapkan lemdiklat DPP LSM GMBI sebagai pelaksana direktorat SDM, menetapkan silabus diklat kader Bela Negara LSM GMBI, menetapkan kesekjenan LSM GMBI yaitu sekretaris jenderal sebagai pelaksana administrasi dan panglima sebagai fungsi konsolidasi organisasi,” ungkap Yudi dalam pidato sambutan.

Sementara sambutan Pangdam XIV Hasanuddin yang diwakili oleh Asintel Kasdam mengajak seluruh kader dan aktivis LSM GMBI ikut berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI utamanya menjelang Pesta Demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

“Kami juga dari Kodam Hasanuddin siap berkolaborasi dan ikut mendukung kegiatan LSM GMBI Sulsel, jangan hanya terdengar tetapi harus terlihat dan dapat dirasakan serta berperan nyata dalam proses transformasi kemajuan bangsa di segala aspek kehidupan, termasuk dalam menjaga Pemilu 2024 yang jujur, adil, damai dan aman”, Ungkapnya.

Kegiatan ini turut disaksikan langsung oleh Ketua Umum sekaligus Pendiri LSM GMBI Mohammad Fauzan Rachman dari Bandung melalui live streaming, sekaligus penganugerahan nama adat “PA’DAENGANG” kepada sang ketua umum yang diberi gelar “Daeng Magassing” yang merupakan pemberian doa yang memiliki makna orang kuat dan memiliki semangat yang tinggi serta sehat lahir batin.

Turut hadir dalam kegiatan ini ketua LVRI Sulsel-bar yang juga mantan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI (purn) Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki yang sekaligus dikukuhkan melalui Surat Keputusan (SK) menjadi Dewan Pembina LSM GMBI Sulawesi Selatan.(*)