27 Februari 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Penyelesaian ODF, Langkah Kecamatan Tallo Menuju Hidup Sehat

INDOTIMPOST.COM | Makassar – Membahas penyelesaian ODF, pemerintah Kecamatan Tallo gelar Rapat koordinasi bersama forum kota Sehat Bertempat ruang rapat kantor Kecamatan Tallo Jalan AR Hakim, kota Makassar, 27/03/2023.

Hadir dalam rapat Tripika Kecamatan Tallo, ketua Forum Kota Sehat Prof, Dr. Nurbahri Noer, ketua Forum kemanusiaan Kota Makassar dr. Udin Malik, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Kapus, lurah dan para Sanitarian se Kecamatan Tallo.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Menurut Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin S. STP, MSi, penerapan ODF merupakan suatu keharusan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Dari itu dia meminta kepada seluruh stakeholder Kecamatan Tallo terkhusus para lurah agar memberi edukasi kepada warga agar tidak membuang air besar disembarangan.

Selain itu juga memberikan edukasi kepada warga agar dalam pembuatan Wc menggunkan septic tank kedap air supaya terhindar dari limbah kotoran berpotensi menjadi sumber penyakit.

“ODF merupakan indikator penilaian kota sehat, saya berharap kepada seluruh lurah agar memberi edukasi kepada warga agar tidak membuang air besar di sembarang. Dan dalam pembuatan WC agar menggunakan septic tank yang kedap air,”tutur Alamsyah Sahabuddin.(*)