13 Juni 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

PBH LIN Menggelar Pendidikan Dan Pelatihan Paralegal Angkatan III

INDOTIMPOST.COM | Makassar – Perhimpunan Bantuan Hukum Lembaga Imparsial Negara (PBH LIN) Wilayah Sulawesi Selatan kembali mencetak kader aktifis pencari keadilan muda dan berbakat.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Angkatan III PBH LIN ini dilaksanakan selama tiga hari dan bertempat di Aswin hotel  Jl. Gunung Latimojong No. 144 , Kota Makassar. Jumat – Minggu, 15 – 17 Desember 2023.

Dimana PBH LIN DPW SULSEL bekerja-sama Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Wilayah Sulawesi Selatan ini telah mencetak puluhan lulusan paralegal terbaik” kata Syamsunar Alam sebagai pelaksana sekaligus Ketua DPC PBH LIN Kota Makassar.

Acara Pembukaan DIKLAT Paralegal di hadiri oleh perwakilan KEMENKUMHAM Wilayah SulSel dan Ketua PBHI Wilayah SulSel

Lebih lanjut, Sunar Sapaan akrabnya menjelaskan pelatihan ini sangat mendapat apresiasi dari berbagai kalangan termasuk penggiat kontrol sosial dan para mahasiswa hukum yang sangat antusias mengikuti pelatihan, mengapa demikian karna para pemateri yang dihadirkan oleh panitia dari kalangan Akademisi profesional di bidang Hukum, dan juga advokat yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya,” tambahnya

Senada dengan itu Ketua DPW PBH LIN Sulawesi Selatan, Abd Azis yang akrab disapa daeng Situru, Mengungkapkan Pentingnya Pemahaman Hukum di sosialisasikan kepada Masyarakat selain sebagai program pemerintah di KEMENKUMHAM RI juga merupakan sebagai kebutuhan masyarakat.

“Sebab kenyataan di lapangan masih banyak masyarakat awam yang pemahamannya masih kurang mengenai hukum, sehingga rawan terjadi pelanggaran hukum, yang tidak kalah pentingnya lagi adalah sebagai alat pencegah terjadinya kejahatan jika ketaatan tentang hukum dapat dilaksanakan oleh masyarakat. Tentunya hal itu bisa berjalan jika masyarakat yang bersangkutan bagus pemahaman hukumnya,” Tegas Azis yang juga sebagai penggiat sosial dan hukum tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Dewan Pimpinan Pusat (SEKJEN DPP) PBH LIN, Erwin Mahmud S.H dalam penjelasannya kepada Para peserta yang juga turut dihadiri awak media menuturkan bahwa PBH LIN hadir untuk membantu para pencari keadilan, tetapi hal itu tidak cukup jika kita tidak berusaha meningkatkan pemahaman hukumnya, olehnya itu PBH LIN selalu berupaya meningkatkan pemahaman hukum kepada masyarakat juga kepada mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam Pendidikan dan Pelatihan ini sebagai bagian dari pelanjut kedepannya agar keadilan terkait hukum betul betul sampai kepada masyarakat hingga ke pelosok, hal itu bisa tercapai walaupun secara bertahap jika kita rutin melaksanakan pendidikan dan pelatihan seperti saat ini,” tegas Erwin Mahmud yang juga Advokat muda. (*)