13 Juni 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

PBH LIN DPW SUL-SEL Gelar Pelatihan dan Pendidikan Paralegal Angkatan II

INDOTIMPOST.COM | Makassar – Perhimpunan Bantuan Hukum Lembaga Imparsial Negara Dewan Pimpinan Wilayah (PBB LIN) Sulsel menggelar Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Angkatan II di Hotel ASWIN lantai 2  Jalan Gunung Latimojong No. 144 Kota Makassar.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari sejak 18  Agustus 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023. Dan diikuti oleh 14 peserta dari berbagai kalangan.

Adapun tema yaitu ” Mendalami Peran Serta Paralegal Dalam Pemberian Bantuan Hukum di Dalam dan Luar Pengadilan”.

Turut langsung dihadiri oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) PBH LIN Erwin Mahmud S.H., Ketua DPW PBH LIN Sul-Sel Abdul Aziz Se , Penasehat dan pegurus DPW PBH sekaligus Panitia.

Adapun pematerinya Dr. Pattawari S.HI.,MH (Ketua Prodi Magister  Hukum UIT), Yusuf Rukka S.H., (Advokat), Anselmus Aldrin Rangga Masiku, S.H., M.H., (Hakim Ad Hoc HAM) , Hartini Fanny Angreni, S.H., M.H.,Advokat, Rahman S.H.,M.H., Advokat.

Dalam sambutannya Erwin M. S.H Terima kasih kepada seluruh peserta paralegal dari seluruh lapisan masyarakat baik mahasiswa, lulusan fak.hukum dr berbagai universitas, ormas, pers dan advokat magang dari berbagai daerah khususnya medan dan sulawesi tenggara.

“Dengan adanya kegiatan paralegal dapat bermanfaat bagi seluruh peserta agar dapat mengaplikasikan kpd masyarakat dgn cara memberikan bantuan hukum & advokasi demi terciptanya perlindungan hukum terhadap Hak hak hukum masyarakat yang wajib diperoleh ssuai ketentuan hukum yg dimana pada prinsipnya Negara Indonesia adalah Negara yg berlandaskan aturan Hukum bukan negara berdasarkan keputusan pengadilan. Olehnya itu, dengan adanya kegiatan diklat paralegal angkatan II /2023 yang di adakan oleh DPW PBH LIN Sulsel dapat bermanfaat bagi peserta paralegal khususnya bagi masyarakat luas dikemudian hari”.

Doc. Pelatihan Paralegal

Abdul Aziz Selaku Ketua PBH LIN Sulsel mengatakan bahwa pendidikan dan pelatihan paralegal adalah program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada individu yang tertarik untuk bekerja di bidang hukum sebagai paralegal. Paralegal adalah profesional hukum yang bekerja di bawah pengawasan pengacara untuk memberikan dukungan administratif dan penelitian hukum.

“Program pendidikan dan pelatihan paralegal biasanya ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi, perguruan tinggi komunitas, atau lembaga pelatihan hukum. Program ini dapat berupa diploma, sarjana muda, atau sertifikat, tergantung pada lamanya program dan tingkat pendidikan yang ditawarkan.” Ungkapnya Minggu (20/08/23).

Dirinya juga menjelaskan bahwa Isi dari program pendidikan paralegal dapat mencakup berbagai mata pelajaran yang relevan dengan hukum dan sistem peradilan.

Selain materi tersebut, program pendidikan paralegal juga dapat mencakup komponen praktikum yang memberikan pengalaman langsung dalam lingkungan hukum dapat juga melibatkan magang di firma hukum, departemen hukum perusahaan, atau lembaga peradilan.

“Setelah menyelesaikan program pendidikan paralegal, lulusan diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang sistem hukum, keterampilan penelitian hukum, kemampuan untuk menyusun dokumen hukum, dan pemahaman tentang etika profesional dalam praktik hukum. Mereka dapat bekerja di berbagai lingkungan hukum, termasuk firma hukum, departemen hukum perusahaan, lembaga peradilan, atau lembaga pemerintah.” Tutupnya.