27 Februari 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Lurah Baru Mempersentasekan Program Inovasi Sadar Diseminar Proposal DIKLAT PKP

INDOTIMPOST.COM | Makassar –Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) adalah pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Pengawas.

Hadir sebagai Penguji yakni Nur Awwal, S.STP.,M.SI., Dr.Arwin Malik dan Dr. Jayadi, serta mentor Sekretaris Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (22/06/2023)

Untuk menggapai tujuan tersebut, Lurah Baru, Fajar Harianto mempersentasekan program inovasinya yang diberi nama Sedekah Dalam Rumah (SADAR) itu dihadapan panelist di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Sulawesi Selatan.

Fajar Harianto mengatakan bahwa Ia memilih program inovasi Sadar ini karna melihat banyakya permasalahan sosial kemasyarakatan dan sarana prasarana umum yang lambat mendapat perhatian/perbaikan atau pemeliharaan dari Pemerintah.

“Saya menganggap perlu adanya upaya membangun kebersamaan dan partisipasi aktif dari masyarakat dan lahirlah program Sadar ini,” kata Fajar sapaan akrabnya

Lanjut Fajar mengatakan jika permasalahan sosial dan lingkungan tersebut jika dibiarkan berlarut larut akan mengganggu kepercayaan warga kepada pemerintah wilayah atau kelurahan khususnya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberdayakan masyarakat.

“Nah untuk wilayah kelurahan Baru kami menggunakan Celengan Sadar yang kami telah bagikan kepada warga untuk melayani masyarakat, memelihara prasarana dan fasilitas pelayanan umum,” Jelas Fajar.

Program Sadar ini salah satu terobosan aksi/inovasi dalam mendukung kinerja Pemerintah Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang, menjawab permasalahan tesebut dengan memupuk peran serta masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sosial, budaya kemasyarakatan dan lingkungan.

Baca Camat Ujung Pandang Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Forum Kemitraan Polisi Masyarakat

Dalam pelaksanaanya program Sadar ini memiliki tiga tujuan aksi perubahan yang terbagi dari tiga tahapan diantanya jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek diharapkan terwujudnya partisipasi aktif masyarakat atau terbangunnya budaya gotong royong/empati, mewujudkan resilient community atau masyarakat yang lebih berdaya, kokoh, mandiri melalui SADAR pada ORW 01 Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Dan untuk jangka menengah diharapkan terwujudnya SADAR pada ORW 02 Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Sementara untuk jangka panjangnya diharapkan terwujudnya SADAR pada seluruh ORW di
Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Doc. Lurah Fajar Harianto Presentase Program Inovasi SADAR Kelurahan Baru

Sebagai lurah yang memiliki segudang prestasi mulai dari prestasi nasional sampai yang ke internasional, Fajar Harianto juga sangat berharap aksi perubahan inovasi yang Ia buat ini dapat dikenal oleh halayak luas.

“Tujuannya supaya peogram ini bisa dikenal luas dan juga bisa aplikasikan bagi mereka yang membutuhkan,” tegas Fajar. (*)