21 April 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

LSM GMBI Siap Jadi Garda Terdepan Dalam Pencegahan Radikalisme Di Indonesia

INDOTIMPOST.COM | Bandung – Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) merayakan Hari Ulang Tahun ke-22 dengan menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) yang penuh makna di Hotel Grand Sunshine Soreang, Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (28/03/24).

Dalam acara tersebut, GMBI yang telah bertransformasi sebagai lembaga yang peduli terhadap kondisi sosial masyarakat, menggarisbawahi komitmen mereka dalam memerangi paham radikalisme yang dapat mengancam keamanan dan harmoni sosial.

Azizah Talita Dewi S. Sos, MM, Ketua Komite Penyelenggara Organisasi (KPO) LSM GMBI, dengan tegas menyatakan bahwa GMBI siap menjadi garda terdepan dalam mencegah radikalisme di tengah masyarakat.

“Dengan sinergitas bersama berbagai pihak, kami berkomitmen untuk melaksanakan pencegahan radikalisme melalui deteksi dini dan kewaspadaan,” ungkap Azizah dengan penuh keyakinan pada Kamis (28/03/24) di sela-sela perayaan HUT GMBI.

Azizah menegaskan bahwa GMBI tidak hanya akan berperan sebagai pengamat, tetapi juga akan aktif berpartisipasi dalam upaya pencegahan radikalisme, bekerja sama dengan komponen bangsa lainnya serta stakeholder negara yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hadir juga dalam Acara Tersebut yakni Ketua Distrik Gowa Abd. Azis , Ketua Distrik Makassar Ir. Walinono, Ketua Distrik Pangkep, Nurdin, Ketua Distrik Sidrap Hj. Arty Muhammadiyah, dan beberapa ketua Wilter dan Distrik se Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Distrik Makassar Ir. walinono berharap semoga ada nya sinergitas dan kerjasama yang baik semua pihak dalam rangka pencegahan radikalisme di Indonesia dapat terdeteksi secara dini sehingga kita dapat melakukan pencegahan pula secara dini.

“Kedepannya ini sangat bagus karna LSM GMBI di Indonesia mendapat kepercayaan dalam hal menjadikan Sekretariat di seluruh wilayah yang terbentuk kepengurusan LSM GMBI sekretariatnya menjadi posko ideologi pancasila bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu ketua Distrik Kab Gowa Abd. Azis, merasa sangat bersyukur ada kegiatan nasional seperti ini, agar pengembangan SDM dan sesuai arah transformasi LSM GMBI di segala bidang dapat berjalan dengan baik dan juga tentunya akan meningkatkan kemampuan aktifis GMBI dalam hal pencegahan tersebut.di tengah kehidupan sosial yang kompleks saat ini , GMBI di tuntut mampu menjadi garda depan di level masyarakat bawah untuk mengetahui secara dini ciri,faham dan deteksi faham radikalisme tersebut ungkap mantan sekretaris distrik Makassar itu.(*)