21 April 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Kota Makassar dapat Adipura 2024, Bidang LH IMM Sulsel Beri Apresiasi

INDOTIMPOST.COM|Makassar – Kota Makassar meraih penghargaan penilaian Adipura tahun 2024. Pemkot Makassar menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pencapaian ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik dari seluruh satuan kerja Perangkat daerah SKPD Kota Makassar.

Perlu diketahui, dalam penilaian Adipura, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) memilki bobot penilaian tertinggi. Kondisi TPA saat ini, bisa kita lihat sarana prasarananya berjalan dengan baik. mulai dari gerbang, jalan masuk, rumah kompos, jalur lindi, pegelolaan lindi dengan aerasi kincir, sumur pantau, sona aktif daƱ non aktif. Sisi tebing dicover geoplastik.

Sehingga hal ini mendapat apresiasi dari kalangan organisasi pemuda. Menurut Hendra selaku Sekretaris Bidang Lingkungan Hidup DPD IMM Sulsel, penghargaan ini sangat layak untuk diapresiasi, melihat bagaimana proses perubahan yang sangat signifikan di TPA Antang yang lebih tertata dengan baik.

“Selain itu, Penghargaan ini juga tidak lepas bagaimana komitmen dan konsistensi Pemkot dalam menjalankan kebijakan dan program yang ada sebelumnya dengan sistem edukasi terpadu, seperti Program Bank Sampah yang bertujuan untuk memilah sampah yang dibuang ke TPA, Makassar Tidak Rantasa (MTR), hingga Lihat Sampah Ambil (LiSA). Ucap Hendra pemuda asal Takalar tersebut.

Hendra menilai, dalam urusan menjaga Lingkungan tidak bisa dibebankan hanya satu sektor saja. Perlu ada kolaborasi yang baik kepada seluruh elemen dalam menjaga dan melestarikan linkungan.

“Kelestarian lingkungan tanggung jawab bersama, mari bahu membahu dalam merawat keberlangsung lingkungan yang baik” ucapa Hendra. (Tim/red)