13 Juni 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Keren, Pendongeng Sinjai Menjadi Pemateri Workshop Dongeng di Bone

INDOTIMPOST.COM|Bone -Bertempat di Aula Mesjid Al Markas Al Ma’arif ratusan guru PAUD dan TK mengikuti Workshop Dongeng.

Kegiatan workshop dongeng dilaksanakan Sejak Sabtu-Minggu, 26 dan 27 Agustus 2023.

Kegiatan tesebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bone serta dihadiri Kepala Bidang PAUD, Kepala Seksi PAUD, Pengawas dan Penilik PAUD, Pengelola, Kepala Sekolah dan Guru PAUD dan TK Se – Kab. Bone.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Bone, Bapak Drs. Andi Fajaruddin, MM menyampaikan “Kegiatan Workshop Dongeng ini adalah untuk peningkatan kualitas dan kapasitas untuk tenaga pendidik PAUD dan TK. Dengan harapan setelah mengikuti workshop ini guru guru PAUD dan TK bisa mengajar dan mendidik anak-anak kita dengan bercerita atau mendongeng. Karena setiap ilmu yang kita punya kalau tidak dipraktekkan dan diamalkan itu tidak akan berguna,” ungkapnya.

Lanjut Kadis Pendidikan Bone menandaskan “Dongeng sudah hampir hilang karena perkembangan zaman dengan adanya berbagai macam teknologi. Dengan workshop ini mari kita membangun hubungan kedekatan dan emosional antara guru dan peserta didik”. Tegas Bapak Kadis. Pendidikan Bone

Rumah Dongeng Nusantara menjadi salah satu mitra dalam Workshop Dongeng ini, Founder Rumah Dongeng Nusantara Bapak Puguh Herumawan dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan Dongeng kita bisa mengajarkan anak didik kita tentang berbagai macam karakter, juga menambah kosakatanya. Anak didik butuh hiburan edukasi, salah satunya dengan dongeng” terangnya.

Selain Kak Heru sapaan akrab Founder Rumah Dongeng Nusantara, turut menjadi pemateri adalah Kak Yani Mirsal yang merupakan pendongeng dari Kabupaten Sinjai.

“Dua hari ini bersama Kak Heru yang merupakan salah satu pembina di Rumah Dongeng Sinjai ikut mengisi kegiatan workshop dongeng di Kabupaten Bone” jelasnya

Baca Laznas Yatim Mandiri Makassar Sukses Gelar Festival Muharram dan Kemerdekaan

“Untuk materi Tehnik Mendongeng dibawakan langsung oleh Kak Heru, dan saya membawakan materi Read Aloud atau Membacakan Nyaring” kata Mirfayani Mirsal Founder Rumah Dongeng Sinjai.

Lanjut dia menyampaikan Pesan kepada semua peserta workshop jika kegiatan seperti ini salah satu cara meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak dengan Dongeng dan Read Aloud.

“Mari melakukannya setiap hari cukup 10 menit sehari untuk menjadikan anak didik kita menjadi anak cerdas, cemerlang dan gemilang. Pungkas Kak Yani sapaan Mirfayani Mirsal. (*)