13 Juni 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Kades Turungan Baji Hadiri Musyawarah Penguatan Adat Soppeng

INDOTIMPOST.COM – Sinjai – Kepala Desa (Kades) Turungan Baji, Sabri S.Pd.i, menghadiri langsung musyawarah kampung masyarakat adat Soppeng, Minggu (09/06/2024) malam.

Kegiatan musyawarah (Rapat kampung) masyarakat adat Soppeng ini berlangsung di kediaman kepala Dusun Soppeng yang dihadiri oleh pemangku adat, Ketua DPD AMAN Sinjai, RT dan RW, anggota BPD, Pemuda dan masyarakat adat Soppeng.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Turungan Baji menyampaikan jika pertemuan ini dilaksanakan guna melakukan penguatan kelembagaan adat Soppeng yang ada di Desa Turungan Baji.

Di mana musyawarah ini melibatkan para pemangku adat dan sebagaimana ungkapan salah satu tetua adat Soppeng bahwa ke lima pemangku adat dalam kelembagaan adat Soppeng merupakan ‘Alliri Tatteppo’na Pa’banuae’ atinya, tiang abadi bumi.

“Hal ini salah satu kekayaan dari kearifan lokal yang ada di Desa Turungan Baji yang harus dijaga dan perlu dukungan oleh pemerintah,” ungkap Sabri.

Kades Turungan Baji mengakui bahwa kelembagaan adat Soppeng sampai hari ini masih ada atau (hidup), hanya perlu bersama-sama menguatkan, baik dengan pengakuan dan perlindungan masyarakat adat lewat regulasi juga penguatan internal masyarakat adat dengan pemberdayaan.

“Kelembagaan masyarakat adat Soppeng samapai saat ini masih ada dan lengkap, jadi hanya butuh penguatan baik sejarah asal usul, hukum adat dan wilayah adatnya dan setelah semua persyaratan untuk diakui sebagai komunitas masyarakat adat nanti akan di SK kan,” tutupnya.  (*)