27 Februari 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Indra Susanto Warga Medan Mengaku tak Sia-sia Ikut Pendidikan Paralegal 2 PBH LIN Sulsel

Doc. Peserta Indra Susanto, (kedua dari kiri depan)

INDOTIMPOST.COM| Makassar – Dengan semangat, tekat dan kemauan yang kuat. Jarak tidaklah menjadi soal dalam melangkah lebih jauh mencari ilmu pengetahuan.

Indra Susanto misalnya, salah satu peserta diklat paralegal angkatan II PBH-LIN asal Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Indra berangkat melalui bandara Kualanamu, Kota Medan ke Jakarta lalu translit langsung ke Makassar demi mengikuti pendidikan dan Pelatihan Paralegal Angkatan II yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Bantuan Hukum Lembaga Imparsial Negara (PBH LIN) Sulawesi Selatan (Sulsel). Sejak Jumat 18- 20 Agustus 2023 bertempat di Aswin Hotel, Jalan Gunung Latimojong, Kota Makassar.

Saat wawancara, Indra menyampaikan alasannya mengikuti diklat paralegal di Makassar, ia bahkan berencana tinggal magang selama 3 bulan di PBH LIN Wilayah Sulawesi Selatan.

“Saya ingin mencari pengalaman dan suasana baru, karena seandainya kita di daerah kita sendiri kita belum bisa tahu karakter orang, sifat orang dan sekaligus kita ingin belajar di Makassar ini,” ungkap Indra

“Saya ini rencana 3 bukanlah di sini, ingin menambah wawasan, ingin menambah ilmu, ingin sherin dengan orang-orang Makassar di sini,” lanjutnya.

Doc. Peserta paralegal angkatan II PBH LIN Sulawesi Selatan

Indra tertarik mengikuti diklat paralegal angkatan II PBH LIN saat mendapat informasi dari Facebook yang dibagikan oleh para panitia diklat. Indra kemudian menghubungi ketua Panitia diklat lalu mengisi formulir pendaftaran.

“Pertama saya melihat di Facebook lalu saya menghubungilah salah satu anggota panitia dan menghubungi ketua panitia lalu kami bincang-bincang kemudian dia bilang “seandainya kita punya waktu segeralah kesini” gitu kan, lalu sebelum saya melangkahkan kaki di sini saya berfikir dulu, semuanya saya pikirkan, setelah semuanya saya pikirkan lalu langsung saya gas ke sini,” terang Indra.

Namun Indra merasa tidak sia-sia mengikuti pendidikan paralegal PBH LIN Sulawesi Selatan di Makassar. Sebab menurutnya ada yang beda yang didapatkan dari narasumber yang berkompeten dan sudah benar-benar terjun langsung ke lapangan.

“Sangat luar biasa, pematerinya semuanya orang-orang berpengalaman semuanya orang betul-betul sudah terjun langsung ke lapangan dan alhamdulillah saya pribadi merasa bangga dari ilmu yang saya peroleh walaupun jauh tidak sia-sia,” tambahnya

Baca  PBH LIN DPW SUL-SEL Gelar Pelatihan dan Pendidikan Paralegal Angkatan 2 Untuk Umum Dan Mahasiswa

Kata Indra “Materi yang mengesangkan adalah materi bagaimana kita melakukan pembelaan,” Singkatnya Sabtu (19/08/2023) sore.

Dengan itu Indra mengajak kepada siapa pun yang hendak belajar bersama-sama tentang pendampingan/Bantuan Hukum, bisa bergabung di PBH LIN.

Menurutnya diklat paralegal ini biayanya sangat terjangkau dan materinya juga luar biasa.

“Kalau kita berfikir mengenai biaya atau apa, pasti kita tidak bisa lebih berkembang lagi jadi harus, karena PBH LIN ini sangat luar biasa. Dengan ilmu-ilmu yang diajarkan oleh orang-orang yang berkompeten saya rasa itu sangat terjangkaulah,” tutup Indra. (*)