27 Februari 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Dua Kabupaten di Sultra Bakal Turut Meriahkan Peringatan HJL dan HPRL di Luwu Timur Tahun 2024

INDOTIMPOST.COM|Lutim – Kabupaten Luwu Timur akan mendapat giliran menjadi tuan rumah Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke 756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke 78 Tahun 2024.

Saat ini, panitia HJL dan HPRL Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang di Ketuai oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora), Andi Tabacina Akhmad tengah mempersiapkan dengan matang berbagai rangkaian acara yang setiap tahun diadakan tersebut.

Pada peringatan HJL dan HPRL ini, jika biasanya kabupaten kota yang terlibat ialah se-Tana Luwu saja, namun berbeda di tahun 2024, dimana Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara Sulawesi Tenggara (Sultra) turut andil memeriahkan HJL dan HPRL kali ini.

“Alhamdulillah tahun 2024 ini telah tiba giliran kita sebagai tuan rumah dimana 3 kabupaten dan 1 kota yang ada di Tana Luwu ini secara bergantian menjadi tuan rumah peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL),” demikian kata Ketua Panitia HJL dan HPRL Lutim, Andi Tabacina Akhmad saat mengikuti Podcast Kominfo Talk, Kamis (11/01/2024).

Terkait dengan hadirnya Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara pada peringatan HJL dan HPRL tahun 2024 ini, Andi Tabacina menjelaskan Bahwa dua daerah ini memang masih menjadi bagian dari sejarah Tana Luwu, dan nanti kita lihat apakah kedua daerah ini juga akan menjadi tuan rumah peringatan ini.

Adapun rangkaian acara yang akan memeriahkan peringatan HJL dan HPRL tahun 2024 ini, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lutim ini mengatakan, setiap event itu pasti selalu ada referensi dari tahun sebelumnya, selain acara inti di tanggal 23 Januari, karena ditanggal itulah momentum mengapa HPRL sampai ada peringatannya.

“Namun ada beberapa rangkaian yang akan diadakan sebelum hari puncak tersebut, seperti di Luwu Timur ini, kita akan mengawali rangkaian acara mulai dari tanggal 20, 21, 22, hingga 23 Januari 2024 dengan melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan HJL dan HPRL,” ungkapnya.

Dirinya pun merincikan, pada tanggal 20 Januari, sore hari kegiatan diawali dengan Tabligh Akbar di Stadion H. Andi Hasan Opu To Hatta Malili, dengan mendatangkan Ustadz Jaelani dari Jakarta yang bisa turut dihadiri oleh masyarakat umum.

“Estimasi kita, pesertanya sekitar 2000 hingga 3000-an orang. Pada malam harinya, akan dilanjutkan dengan pagelaran seni. Kita akan memberikan kesempatan kepada pemerintah kabupaten kota se Tana Luwu plus Kolaka dan Kolaka Utara untuk mementaskan seni tari musik teater yang akan diatur secara bergiliran dan tempatnya tetap di stadion,” tambahnya.

Selanjutnya, di tanggal 21 Januari, akan dimulai dengan pertandingan eksebisi sepak bola antar kesebelasan Pemkab/Pemkot se-Tana Luwu, Kolaka dan Kolaka Utara pada pagi hari untuk babak penyisihan, dan sorenya semi final dan grand final.

Untuk siang harinya, kata Andi Tabacina, bapak Bupati akan berkunjung ke pasar murah yang berlokasi di sekitaran Gedung Olahraga (GOR) Malili. Setelah itu, Bupati akan masuk ke dalam GOR yang didalamnya ada pameran Karya Seni dan Benda Pusaka. Sementara malamnya masih ada pagelaran seni karena khusus acara ini akan berlangsung tiap malam dari 20, 21 hingga 22 Januari 2024.

“Jadi jika ingin melihat seperti apa peradaban besi di Luwu Timur, silahkan datang ke Luwu Timur, karena akan rugi jika tidak datang,” ajak Kadis Parmudora ini.

Kemudian pada tanggal 22 Januari, saatnya menuju acara serius setelah berolahraga dan berseni di tanggal 20 dan 21. Tanggal 22 panitia akan menggelar seminar budaya Tana Luwu di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, dimana para pesertanya ialah para pemerhati budaya, para kepala sekolah dan karena gedungnya terbatas jadi peserta akan batasi.

Sementara di malam hari, di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur akan digelar temu Saudagar se Tana Luwu, para Bupati se-Tana Luwu, Kolaka dan Kolaka Utara akan mempresentasikan seperti apa potensi di daerahnya masing-masing.

“Khusus kegiatan Temu Saudagar ini, sepertinya ini pertama kalinya akan di gelar, dan semoga saja Luwu Timur adalah yang pertama melaksanakannya karena itu akan menjadi pembeda dari peringatan HJL dan HPRL sebelumnya,” harap Andi Tabacina.

Terakhir, tanggal 23 Januari, pada hari puncak ini, di pagi hari panitia akan menggelar seremoni HJL dan HPRL di Stadion H. A. Hasan Opu To Hatta, yang diawali dengan deville dari kabupaten kota se Tana Luwu, Kolaka dan Kolaka Utara untuk menampilkan seperti apa budaya-budaya di daerahnya masing-masing, dan semoga bapak Gubernur bisa hadir secara langsung bersama kita.

“Malam harinya sebagai penutup rangkaian HJL dan HPRL, saatnya happy-happy untuk menghibur masyarakat dengan konser yang dimeriahkan oleh artis Ibu Kota, yakni Selvy. Kita semua berharap di momen ini kita bisa menghibur masyarakat pada malam itu juga di stadion H. A. Hasan Opu To Hatta,” tegasnya.

Sebelum menutup paparannya, selaku Ketua HJL dan HPRL Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina membeberkan bahwa, tema HJL dan HPRL Tahun 2024 ini ialah “Bersama Lebih Kuat, Tana Luwu Menjadi Hebat”. Ia bersama pimpinan berharap melalui tema ini, kegiatan HPRL bisa merajut kebersamaan, kerjasama diantara masyarakat Tana Luwu dan antara Wija se Tana Luwu.

“Jadi ayo kita ramai-ramai memeriahkan peringatan HJL dan HPRL ini, karena ini bukan hanya acara Pemda, tapi juga acara ini dikhususkan untuk seluruh masyarakat,” jelas Andi Tabacina Akhmad. (rhj/ikp-humas/kominfo-MuhJuari )