1 Maret 2024

Indotimpost

Berita Lokal Terpercaya

Asisten 1 Pemkab Semarang : Inovasi Kecamatan Tallo Kami Kemas untuk Diimplementasikan

INDOTIMPOST.COM | Makassar – Camat Talla, Alamsyah Sahabudin S. STP, Msi, menerima kunjungan perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang bertempat di ruang rapat Kantor Kecamatan Tallo, Jalan AR Hakim kota Makassar, Sulawesi Selatan, 16/05/2023.

Pada kunjungan tersebut dipipmpin oleh Asisiten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Semarang Tajuddin Nur, memboyong bagian Tata Pemerintahan, Lurah, Seklur dan Kepala seksi (Kasi) berjumlah 57 orang, dalam rangka pelaksanaan study banding di kota Makassar.

Menerima kunjungan di ruangannya Alamsayah Sahabuddin memaparkan inovasi inovasi terkait pelayanan Publik, program Bank Sampah dan program lorong wisata yang mampu membangkitakan kembali perekonomian pasca pandemi di kota Makassar khususnya di Kecamatan Tallo.

“Untuk peningkatan pelayanan kami mempunyai aplikasi yang namanya Tallasa (Tallo Intergrated Smart Sistem and Aplcation) yang mana aplikasi ini memudahkan warga mendapatkan pelayananan lebih cepat dan transparansi.

Kemudiaan kami juga punya program lorong wisaata dan pemberdayaan UMKM. Lorong tersebut disulap dijjadikan destinasi wisata untuk menarik orang luar datang berkunjung sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lorong,” tutur Alamsyah Sahabuddin.

Sementara itu Tajuddin Nur mengatakan dirinya melihat inovasi inovasi di Kecamatan Tallo yang cocok ditiru dan diterapkan di Pemkab Semarang, antaranya terkait pealyanan publik, tata cara pengelolaan Dana Kelurahan (Dakel), Lorong Wisata dan pemberdayaan UMKM.

“Hari ini kami bersama jajaran datang, dalam rangka melihat meniru apa yang ada di Makassar terutama Lorong wisata dan pemeberdayaan UMKM yang mana kita tahu beberapa waktu yang lalu, kita dilanda pandemi sehinnga perekonomian diperlukan bangkit kembali, bagaimana Makassar kemajuannya sangat pesat dan signifikan, makanya kami ingin melihat, ternyata memang ada strategi yang beda dan ini akan kami akan bawa pulang untuk ditiru dan diiplementasikan di Kabupaten Semarang.

Tadi kami juga belajar tentang pengelolaan Dana Kelurahan kemudian inovasi inovasi pelayanan di kelurahan. Kemudian di Kecamatan Tallo kami memang melihat secara nyata ada beberapa kelebihan, dan inshaAllah itu bisa kami kemas untuk diterapkan di Pemkab Semarang dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat,”tutur Tajuddin Nur.(*)